UJI VITAMIN C
Pendahuluan
Siswa tahu bahwa vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. tapi mereka tidak tahu mengapa vitamin dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Karena vitamin tidak bisa di indera, siswa mungkin tidak tahu bahwa makanan yang mereka makan mengandung vitamin. Mereka juga mungkin tidak memahami pentingnya keberadaan vitamin dalam makanan mereka.
Asam ascorbat atau yang dikenal dengan nama vitamin C sangat penting dalam komposisi makanan manusa. Ini membantu tubuh membentuk jaringan ikat, tulang, gigi, dinding pembuluh darah, dan membantu tubuh dalam asimilasi zat besi dan asam amino. Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis. Gejala penyakit ini, adalah kekakuan sendi, pendarahan hidung (mimisan), bengkak dan perdarahan gusi, bintik-bintik pada kulit, dan lesu (kelemahan fisik yang ekstrim). gejala tersebut dapat dicegah dengan menambahkan vitamin C ke dalam makanan seseorang. Tumbuhan dan hewan dapat membuat sendiri vitamin C yang dibutuhkan tubuh, namun manusia tidak. Oleh sebab itulah manusia memerlukan vitamin C dari sumber lain.
Vitamin C juga merupakan antioksidan, ini berarti vitamin C dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi. Contoh makanan yang mengandung sedikit vitamin C, seperti pisang dan apel yang mudah mengalami oksidasi yang ditandai dengan berubah warna ketika dibiarkan dalam jangka waktu lama di udara terbuka. Lain halnya dengan jeruk, lemon, dan jeruk nipis, ketika buah-buahan tersebut terpapar udara tidak berubah warna menjadi coklat seperti apel dan pisang. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C sebagai antioksidan. Anak-anak dan orang dewasa harus mengetahui mengapa mereka harus memilih makanan yang kaya vitamin C, bukan "makanan sampah" yang harus mereka menikmati. Mereka juga harus mengetahui bahwa ada hal yang tidak bisa kita lihat tentang apa yang terkandung dalam makanan dan hal-hal lain di sekitar kita. Mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa di Amerika Serikat, dianjurkan untuk mengkonsumsi 60 mg vitamin C setiap hari.
Tujuan Percobaan
1. Mengetahui kandungan vitamin C pada beberapa buah dan minuman sari buah
2. Mengukur kandungan vitamin C pada beberapa buah dan minuman sari buah
3. Mengetahui peran vitamin C sebagai antioksidan
Alat dan bahan
1. Yodium tincture 8. Minuman sari buah bervitamin C (3 jenis)
2. Tepung jagung 9. Minuman sari buah sachet (3 jenis)
3. Pipet tetes 10.apel
4. Gelas ukur 10 ml, 100 ml dan 500 ml 11. pisang
5. Vitamin C tablet 12.kertas saring
6. Tomat 13. kentang
7. Jeruk nipis atau jeruk lemon
Cara kerja
1. Buat larutan reagen dengan cara ambil 2 sendok makan tepung jagung dan masukkan dalam 500 ml air
2. Saring larutan hingga didapatkan larutan berwarna keputihan jernih
3. Tambahkan tetes demi tetes larutan yodium tincture, hingga air berubah warna menjadi biru kehitaman
4. Larutkan vitamin C tablet dalam 100 ml air (larutan ini merupakan larutan kontrol atau standar)
5. Ambil 11 tabung reaksi, beri label sesuai dengan jenis buah dan sari buah yang akan di uji
6. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 3 ml larutan yodium tinture-tepung jagung,
7. Pada tabung reaksi pertama, teteskan dengan larutan vitamin C, hingga warna yodium tincture-tepung jagung menjadi jernih.
8. Catat jumlah tetesan yang digunakan untuk menjernihkan larutan yodium tincture-tepung jagung dalam tabel hasil pengamatan
9. Ulangi langkah 7 dengan menggunakan buah atau sari buah lainnya.
10. Kupaslah apel dan buat 2 potongan, satu potongan apel di celupkan dalam larutan vitamin C dan potongan lain tidak. Letakkan di tempat terbuka, dan amati perubahan warna yang terjadi pada kedua potongan apel tersebut
11. Lakukan hal yang sama untuk kentang dan pisang. (khusus untuk pisang, upayakan dalam keadaan hancur/ dikeruk)
Tabel hasil Pengamatan
No | Jenis bahan makanan | Jumlah tetesan | Kadar vitamin C |
1 | Vitamin C | ||
2 | tomat | ||
3 | Jeruk nipis / lemon | ||
4 | dll |
Analisis hasil kegiatan
1. Urutkanlah jumlah tetesan buah dan sari buah untuk mentralisir warna larutan yodium tincture-tepung jagung dari yang paling sedikit sampai yang paling banyak
2. Berdasarkan urutan tersebut, analisislah bagaimana kandungan vitamin C pada masing-masing sample bahan, dengan menjadikan sample vitamin C sebagai kontrol
3. Berdasarkan data tentang kandungan vitamin C pada masing-masing sampel, jenis sampel bahan makanan manakah yang akan anda pilih? Jelaskan argumentasi anda
4. Mengapa kita membutuhkan vitamin C dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari
5. Apa yang terjadi pada potongan apel, kentang dan pisang yang telah di rendam dalam vitamin C?
6. Mengapa potongan apel, kentang, dan pisang mudah sekali berubah warna? Sedangkan potongan tomat atau jeruk lemon tidak. Jelaskan analisis mu berdasarkan kandungan vitamin C nya
Rumuskanlah kesimpulanmu tentang percobaan ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar