Ujian Nasional sudah dekat. Persiapkan diri kalian untuk menghadapai Ajang Kompetisi Tahunan ini dengan maksimal. Untuk itu saya mencoba melakukan bedah SKL dalam memprediksi dan memberikan gambaran soal Ujian nasional tahun 2012, berdasarkan kisi-kisi Ujian nasional yang dikeluarkan oleh BSNP. Semoga bedah SKL ini dapat membantu meningkatkan kompetensi mu dalam bidang biologi.
selamat berjuang .... HADAPI UJIAN NASIONAL 2012 DENGAN TETAP MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN SPORTIFITAS!
PREDIKSI UJIAN NASIONAL 2012
BERDASARKAN ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) TAHUN 2012
BERDASARKAN PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
BERDASARKAN PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
SKL: Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah Kemampuan Yang di Uji: mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi melalui metode ilmiah | |
Konsep Esensial: · Objek biologi meliputi virus, monera, protista, fungi, animal dan plantae · Permasalahan biologi terjadi di berbagai tingkat organisasi kehidupan | |
1 | Mampu mengidentifikasi permasalah biologi yang aktual dengan menggunakan metode ilmiah |
Dengan diberikan contoh permasalah biologi yang terjadi di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi melalui tahapan metode ilmiah. “Wabah ulat bulu yang menyerang sebagian besar daerah di pulau Jawa, kemungkinan terjadi karena perubahan iklim khususnya temperatur yang dapat mempercepat proses metamorfosis dan hilangnya predator dalam lingkungan hidupnya”. Tahapan dalam metode ilmiah yang berkaitan dengan pernyataan di atas adalah .... A. Identifikasi masalah B. Latar belakang masalah C. Hipotesis D. Analisis data E. Kesimpulan | |
Dengan diberikan contoh kasus aktual terjadinya pembantaian besar-besaran orang utan di Kalimantan, siswa dapat mengidentifikasi contoh tingkat permasalahan biologi berdasarkan contoh yang disajikan. |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya Kemampuan Yang di Uji: mengidentifikasi organisme dari kelompok protista/jamur | |||||||||
Konsep Esensial: Bentuk-bentuk organisme dari kelompok protista · Protista mirip hewan · Protista mirip tumbuhan · Protista mirip jamur | |||||||||
2 | Dengan disajikan gambar berbagai jenis protista, siswa dapat mengidentifikasi jenis protista mirip hewan yang bergerak dengan menggunakan rambut getar (silia) dan kaki semu (pseudopodia) Berikut gambar beberapa organisme protista
Organisme yang bergerak dengan menggunakan bulu getar dan pseudopodia ditunjukkan oleh nomor ... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 | ||||||||
Disajikan gambar struktur tubuh berbagai jenis jamur, siswa dapat mengidentifikasi jamur yang termasuk dalam kelompok Zygomycota dan Ascomycota |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/Eubacteria bagi kehidupan manusia. | ||||||||||||||||||||||||
Konsep Esensial: Virus · Ciri dan struktur tubuh virus · Peranan virus bagi kehidupan manusia Monera/Prokariota · Ciri-ciri dan struktur (prokariotik, koloni, cara hidup) · Peranan (menguntungkan dan merugikan) | ||||||||||||||||||||||||
3 | Mampu mengidentifikasi peran virus bagi kehidupan manusia | |||||||||||||||||||||||
Disajikan tabel jenis virus dengan perananya, siswa dapat mengidentifikasi pasangan yang tepat antara jenis virus dan peranannya Tabel jenis virus dan peranannya
Pasangan yang tepat antara nama virus dengan perannya … A. 1 dengan d B. 2 dengan d C. 4 dengan a D. 5 dengan b E. 3 dengan c | ||||||||||||||||||||||||
Disajikan ciri dan struktur organisme prokariot, siswa dapat mengidentifikasi ciri dan struktur archaebacteria dengan benar |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Kemampuan Yang di Uji: Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup | |
Konsep Esensial: Pengelompokkan makhluk hidup · Pengelompokkan secara buatan (artifisial) · Pengelompokkan secara alami (natural) · Pengelompokkan secara filogeni Dasar Pengelompokkan makhluk hidup · Persamaan ciri anatomi, morfologi struktur alat reproduksi, proses fisiologi | |
4 | Mampu menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup |
Disajikan data beberapa pengelompokkan makhluk hidup, siswa dapat menentukan dasar dari pengelompokkan tersebut Kelompok-kelompok makhluk hidup 1. Bebek, ayam, elang, dan burung unta 2. Paus, ikan tuna, hiu dan duyung 3. Kadal, bunglon, biawak dan cecak Dasar yang digunakan untuk mengelompokkan makhluk hidup seperti di atas adalah .... A. Persamaan anatomi B. Persamaan morfologi C. Persamaan proses fisiologi D. Persamaan cara reproduksi E. Persamaan dalam habitat | |
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis makhluk hidup yang memiliki dasar persamaan struktur dan cara reproduksi |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu. | |
Konsep Esensial: Pelestarian Makhluk hidup · Secara in-situ · Secara ex-situ Tujuan Pelestarian makhluk hidup · Persamaan ciri anatomi, morfologi struktur alat reproduksi, proses fisiologi | |
5 | Mampu menjelaskan tujuan dan upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu |
Siswa dapat menjelaskan upaya pelestarian hewan atau tumbuhan tertentu secara insitu dan eksitu Langkah berikut merupakan upaya pelestarian keanekaragaman hayati secara insitu.... A. Penangkaran orang hutan di taman nasional Ujung kulon B. Pembididayaan bunga bangkai di bengkulu C. Pengembangbiakan anggrek hitam di kebun raya D. Pemeliharaan komodo di kebun binatang ragunan E. Mengembangbiakan anoa di taman nasional kutai | |
Siswa dapat menjelaskan tujuan didirikannya taman nasional |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya. | ||||||||||||||||||||||||||||||
Konsep Esensial: Kelompok Invertebrata · Porifera · Coelenterata · Vermes (Platyhelminthes, nemathelminthes, annelida) · Molusca · Echinodermata · Arthropoda Ciri dan struktur umum · Multiseluler, bergerak aktif, dan heterotrof | ||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Mampu mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya | |||||||||||||||||||||||||||||
Siswa dapat menentukan hewan arthropoda berdasarkan ciri-ciri yang disajikan Tabel ciri-ciri hewan kelompok arthropoda
Berdasarkan tabel di atas yang termasuk kelas Myriopoda adalah … A. P B. Q C. R D. S E. T | ||||||||||||||||||||||||||||||
Disajikan gambar jenis-jenis makhluk hidup, siswa dapat menentukan hewan yang termasuk dalam kelompok coelenterata dan molusca |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar