Senin, 25 Januari 2010

MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II

MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II

Oleh Dr. Elfis, M.Si. (26 Januari 2010)

Sintaks Langkah-langkah Model Pembelajaran Jigsaw II (Aronson, 1978)
1. Peserta didik dikelompokkan, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang
2. Tiap peserta didik dalam tim mendapatkan materi yang sama, dan membaca semua materi
3. Tiap peserta didik dalam tim berbagi tugas untuk membagi materi (sub bab mereka)
4. Anggota dari tim yang mendapatkan bagian materi yang berbeda, bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kelompok kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memberi evaluasi
8. Penutup

Modifikasi Langkah-langkah Model Pembelajaran Jigsaw II
1. Guru menulis topik pembelajaran
2. Guru menulis tujuan pembelajaran
3. Peserta didik dikelompokkan, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang
4. Tiap peserta didik dalam tim mendapatkan materi yang sama tentang macam-macam klasifikasi
5. Tiap peserta didik dalam tim mendapatkan masalah/pertanyaan yang berbeda yang berkaitan dengan macam-macam klasifikasi
6. Anggota dari tim yang mendapatkan masalah yang berbeda, bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan tugas mereka
7. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggoata kembali ke kelompok asal dan bergantian menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang telah didiskusikan di kelompok ahli. Tiap anggota lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan
8. Guru meminta kepada tiap kelompok tim ahli untuk mempresentasikan hasil diskusi
9. Peserta didik melaksanakan diskusi kelas
10. Guru memberikan penguatan pada hasil diskusi
11. Guru membimbing peserta didik mengambil kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar