Selasa, 26 November 2013

PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (Problem Based Learning)/PBL



PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (Problem Based Learning)/PBL
Oleh : Dr. Elfis, M.Si.
Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning/PBL) adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru. Model pembelajaran ini pada dasarnya mengacu kepada pembelajaran-pembelajaran mutakhir lainnya seperti pembelajaran berdasar proyek (project based instruction), pembelajaran berdasarkan pengalaman (experience based instruction), pembelajaran autentik (authentic instruction), dan pembelajaran bermakna.
Dalam PBL, pemecahan masalah didefinisikan sebagai proses atau upaya untuk mendapatkan suatu penyelesaian tugas atau situasi yang benar-benar nyata sebagai masalah dengan menggunakan aturan-aturan yang sudah diketahui. Jadi, PBL lebih memfokuskan pada masalah kehidupan nyata yang bermakna bagi siswa.
Dasar penggunaan PBL (digunakan dalam proses pembelajaran:
1)     Melalui PBL yang diawali dengan pemberian masalah pemicu kepada siswa dapat menerapkan suatu model pembelajaran secara spiral (spiral learning model) dengan memilih konsep dan prinsip yang terdapat dalam sejumlah cabang ilmu, sesuai kebutuhan masalah. Dengan diberi sejumlah masalah pemicu, diharapkan sebagian besar/seluruh materi cabang ilmu dicakup.
2)     Integrasi antara berbagai konsep/prinsip/informasi materi dan bidang ilmu dapat terjadi
3)     Kemampuan siswa untuk secara terus menerus melakukan “up-dating”/pengembangan pengetahuannya tercapai
4)     Perilaku sebagai seorang “ life long learner” dapat tercapai
5)     Langkah-langkah PBL yang dilaksanakan melalui diskusi kelompok dapat menghasilkan sejumlah keterampilan diantaranya: (a) keterampilan penelusuran kepustakaan; (b) keterampilan membaca; (c) keterampilan/kebiasaan membuat catatan; (d) kemampuan kerjasama dalam kelompok; (e) keterampilan berkomunikasi; (f) keterbukaan; (g) berpikir analitik; (h) kemandirian dan keaktifan belajar; dan (i) wawasan dan keterpaduan ilmu pengetahuan

Beberapa karakteristik PBL adalah sebagai berikut:
1)           Mengorientasikan siswa kepada masalah autentik dan menghindari pembelajaran terisolasi
2)           Berpusat pada siswa dalam jangka waktu lama
3)           Menciptakan pembelajaran interdisiplin,
4)           Penyelidikan masalah autentik yang terintegrasi dengan dunia nyata dan pengalaman praktis .
5)           Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya
6)           Mengajarkan kepada siswa untuk mampu menerapkan apa yang mereka pelajari di sekolah dalam kehidupannya yang panjang
7)           Pembelajaran terjadi pada kelompok kecil (kooperatif).
8)           Guru berperan sebagai fasilitator, motivator dan pembimbing.
9)           Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang pembelajaran
10)      Masalah adalah kendaraan untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah.
11)      Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri.

PBL  memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:
1)           Siswa lebih memahami konsep yang diajarkan sebab mereka sendiri yang menemukan konsep tersebut
2)           Melibatkan secara aktif memecahkan masalah dan menuntut keterampilan berpikir siswa yang lebih tinggi
3)           Pengetahuan tertanam berdasarkan skemata yang dimiliki siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna
4)           Siswa dapat merasakan manfaat pembelajaran sebab masalah-masalah yang diselesaikan langsung dikaitkan dengan kehidupan nyata, hal ini dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa terhadap bahan yang dipelajari
5)           Menjadikan siswa lebih mandiri dan dewasa, mampu memberi aspirasi dan menerima pendapat orang lain, menanamkan sikap sosial yang positif diantara siswa
6)           Pengkondisian siswa dalam belajar kelompok yang saling berinteraksi terhadap pembelajar dan temannya sehingga pencapaian ketuntasan belajar siswa dapat diharapkan.
7)           Dapat menumbuhkan-kembangkan kemampuan kreatifitas siswa, baik secara individual maupun secara kelompok karena hampir di setiap langkah menuntut adanya keaktifan siswa.
8)           Keberhasilan penerapan PBL sangat tergantung pada ketersediaan sumber belajar bagi siswa, alat-alat untuk menguji jawaban atau dugaan. Menuntut adanya perlengkapan praktikum, memerlukan waktu yang cukup apalagi data harus diperoleh dari lapangan, serta kemampuan guru dalam mengangkat dan merumuskan masalah.
9)           Dalam model PBL, guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator, pembimbing dan motivator. Guru mengajukan masalah otentik/mengorientasikan siswa kepada permasalahan nyata (real world), memfasilitasi/membimbing (scaffolding) dalam proses penyelidikan, memfasilitasi dialog antara siswa, menyediakan bahan ajar siswa serta memberikan dukungan dalam upaya meningkatkan temuan dan perkembangan intektual siswa.
Langkah-langkah penerapan PBL sebagai berikut :
1)        Mengorientasikan siswa pada masalah
2)        Mengorganisasikan siswa untuk belajar
3)        Memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok
4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja
5)        Menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah.
Gambaran rinci kelima langkah tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut:


Tabel 1. Prosedur Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Langkah-langkah
Kegiatan Guru
Orientasi masalah
1)     Menginformasikan tujuan pembelajaran
2)     Menciptakan lingkungan kelas yang memungkinkan terjadi pertukaran ide yang terbuka
3)     Mengarahkan pada pertanyaan atau masalah
4)     Mendorong siswa mengekspresikan ide-ide secara terbuka
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
5)     Membantu siswa menemukan konsep berdasar masalah
6)     Mendorong keterbukaan, proses-proses demokrasi dan cara belajar siswa aktif
7)     Menguji pemahaman siswa atas konsep yang ditemukan
Membantu menyelidiki secara mandiri atau kelompok
8)     Memberi kemudahan pengerjaan siswa dalam mengerjakan/menyelesaikan masalah
9)     Mendorong kerjasama dan penyelesaian tugas-tugas
10) Mendorong dialog, diskusi dengan teman
11) Membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah
12) Membantu siswa merumuskan hipotesis
13) Membantu siswa dalam memberikan solusi
Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja
14) Membimbing siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKP)
15) Membimbing siswa menyajikan hasil kerja
Menganalisa dan mengevaluasi hasil pemecahan
16) Membantu siswa mengkaji ulang hasil pemecahan masalah
17) Memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemcahan masalah
18) Mengevaluasi materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar