Selasa, 26 November 2013

PEMBELAJARAN KOLABORATIF dan PEMBELAJARAN KOOPERATIF



PEMBELAJARAN KOLABORATIF dan PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Oleh : Dr. Elfis, M.Si.
PEMBELAJARAN KOLABORATIF  (Collaborative Learning) sebagai situasi dimana terdapat dua atau lebih orang belajar secara bersama-sama, dengan memanfaatkan sumber daya dan keterampilan satu sama lain (meminta informasi satu sama lain, mengevaluasi ide-ide satu sama lain, memantau pekerjaan satu sama lain, dll.). Sementara, PEMBELAJARAN KOOPERATIF(Cooperative Learning) secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pembelajaran yang didesain untuk membantu siswa agar dapat berinteraksi dan bekerjasama secara kolektif, melalui tugas-tugas terstruktur guna mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif dikembangkan ke dalam berbagai teknik, seperti: Think Pair Share, Jigsaw, STAD, TGT dan sebagainya.
Tradisi pembelajaran kolaboratif berasal dari Inggris, para guru Bahasa Inggris berusaha mengeksplorasi cara-cara untuk membantu siswa agar dapat berperan lebih aktif dalam proses pembelajarannya, khususnya dalam mengkaji suatu literatur. Guru menganalisis percakapan setiap siswanya ketika sedang menelaah atau merespon bagian literatur.   Sementara pembelajaran kooperatif berkembang di Amerika dengan bersumber dari pemikiran John Dewey tentang pentingnya belajar sosial dan pemikiran Kurt Lewin  tentang dinamika kelompok.
Perbedaan kedua bentuk pembelajaran ini  adalah:
Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran Kolaboratif
Para siswa menerima latihan keterampilan sosial dalam kelompok kecil.
Ada keyakinan bahwa para siswa telah memiliki keterampilan sosial yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
Aktivitas-aktivitas terstruktur yang dirancang guru dan masing-masing siswa memiliki peran khusus.
Siswa mengatur dan menegosiasikan usahanya sendiri.
Guru mengamati, mendengarkan dan melakukan intervensi dalam kelompok jika diperlukan.
Aktivitas tidak dimonitor oleh guru. Ketika ada pertanyaan yang ditujukan kepada guru, guru membimbing siswa-siswa untuk menemukan informasi yang diperlukan.
Siswa menyerahkan tugas pada akhir pelajaran untuk dievaluasi.
Siswa menyimpan draft  untuk dilengkapi pada pekerjaan selanjutnya.
Guru melakukan asesmen kinerja siswa secara individual maupun kelompok
Siswa melakukan asesmen kinerja  secara individual maupun kelompok, berdasarkan konsensus kelompok kecil, kelas (pleno), maupun pertimbangan masyakat keilmuan pada umumnya

Kedua bentuk pembelajaran ini  juga memiliki persamaan, yakni:
1)         Menekankan pentingnya pembelajaran aktif
2)         Peran guru sebagai fasilitator
3)         Pembelajaran adalah pengalaman bersama antara  siswa dan guru
4)         Meningkatkan keterampilan kognitif tingkat tinggi
5)         Lebih banyak menekankan tanggungjawab siswa dalam proses belajarnya
6)         Melibatkan situasi yang memungkinkan siswa dapat mengemukakan idenya dalam kelompok kecil.
7)         Membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial dan membangun tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar