Senin, 25 Januari 2010

MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI - THINK PAIR SHARE TIPE 1

MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI - THINK PAIR SHARE TIPE 1

Oleh Dr. Elfis, M.Si. (26 Januari 2010)

Sintaks Langkah-langkah Model Pembelajaran Think Pair Share (Kagan, 1990)
1. Guru mengemukakan pertanyaan/memberikan permasalahan
2. Peserta didik berpikir secara individu
3. Setiap peserta didik mendiskusikan jawabannya dengan seorang mitra
4. Peserta didik berbagi jawaban dengan seluruh kelas

Modifikasi Langkah-langkah Model Pembelajaran Think Pair Share Tipe 1
1. Guru menuliskan topik pembelajaran
2. Guru menuliskan tujuan pembelajaran
3. Guru membagikan LKPD 1 yang berisi pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
4. Guru meminta peserta didik untuk berpikir secara individu (think) untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKPD 1. Jawaban ditulis pada Lembar Jawaban Think
5. Guru meminta peserta didik untuk berpikir secara berdua (pair) untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKPD 1. Jawaban ditulis pada Lembar Jawaban Pair
6. Guru meminta peserta didik untuk berpikir secara berempat/berlima (share) untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam LKPD 1. Jawaban ditulis pada Lembar Jawaban Share dan plastic transparan
7. Diskusi kelas
8. Guru memberikan penguatan pada diskusi kelas
9. Guru membimbing peserta didik menyusun kesimpulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar